Home > Software > Virus via file PDF

Virus via file PDF


Tahukah kita bahwa sekarang virus bisa menumpang pada file PDF?
Hal ini disebabkan karena PDF bisa disisipi oleh sebuah aplikasi, gambar maupun sound. fasilitas ini yang bisa digunakan oleh virus untuk menumpangkan dirinya.
Pada Adobe Reader versi terbaru (versi 8 ke atas), akan ada peringatan jika file PDF akan membuka aplikasi yang disisipkan. user hanya tinggal memilih OPEN atau DON’T OPEN. Tetapi hal ini masih bisa dimanipulasi oleh pembuat virus semenarik mungkin supaya user memilih OPEN.
Jika di komputer menggunakan Adobe Reader, versi lama masih rentan terhadap ancaman ini ( terutama versi 9.3.1 ke bawah dan versi 8.2.1 ke bawah).
Selain update dengan versi terbaru (Download Adobe Reader), ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak dari celah keamanan ini. Berikut langkahnya :
  1. Buka Adobe Reader atau Adobe Acrobat
  2. Buka menu Edit > Preferences
  3. Mencegah file PDF menjalankan program lain : Pilih menu Trust Manager kemudian hilangkan tanda check Allow opening of non-PDF file attachments with external applications
  4. Mencegah PDF menjalankan Javascript: pilih menu Javascript dan hilangkan tanda cekEnable Javascript
  5. Mencegah PDF otomatis membuka file di web : pilih menu Internet dan hilangkan tanda cek Display PDF in browser
  6. Klik OK untuk menutup program
Karena begitu luasnya penggunaan file PDF, sebaiknya hati-hati ketika mendapatkan file PDF dari email atau internet, apalagi dari sumber yang belum dipercaya. Alternatif lain selain menggunakan versi terbaru adalah menggunakan program pembaca PDF yang tidak populer semisal Sumatra PDF, meski dengan fitur yang sederhana, tetapi lebih aman akan hal ini.

Untuk mengetahui dan testing adobe reader dan bagaimana cara kerja sistem ini silahkan download file buatan Didier Stevens DI SINI dan jalankan filenya. Akan ada peringatan dari adobe reader bahwa akan ada aplikasi yang terbuka. OPEN atau DO NOT OPEN. jika pilih opsi pertama maka adobe akan langsung membuka command prompt. jika memilih tidak membuka maka tidak akan terjadi apa-apa.

Bayangkan jika fitur ini disisipi oleh aplikasi virus yang dikemas secara menarik.

Categories: Software
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: