Home > Lain-Lain > Watak atau Mekanisme Kebijakan

Watak atau Mekanisme Kebijakan


Ada pepatah yang mengatakan : “seorang bayi itu bagaikan selembar kertas putih…. ingin berupa seperti apa tergantung yang menggambarnya…”.

Saya kok pernah merenung (serius nih kayaknya..hee.hee), Apa sih sebetulnya yang bisa dipengaruhi oleh sebuah lingkungan terhadap diri kita???? seseorang yang dibesarkan pada lingkungan sosial yang buruk katanya akan membuatnya menjadi pribadi yang buruk. demikian juga sebaliknya. “Penggodokan” pribadi seseorang oleh lingkungan sosial ternyata besar sekali. Itu yang dikatakan para ahli. Pengalaman hidup seseorang yang memang sejak kecil dibiasakan mandiri biasanya akan menjadi pribadi “yang mandiri” atau tidak cengeng memandang hidup dibandingkan dengan seseorang yang selalu dimanjakan.

Benar memang… karena sudah banyak bukti yang kita lihat. Kemudian saya mencoba agak “nakal” untuk membedakan antara watak dan mekanisme kebijaksanaan. Bermula dari pertanyaan yang sederhana, “apakah watak orang akan ikut berubah karena lingkungan sosialnya??” Saya lebih senang mengatakan yang berubah (dapat dipengaruhi) adalah mekanisme kebijaksanaan pada orang itu tetapi untuk wataknya, heeemmmm…. kayaknya sulit deh. Seseorang yang dilahirkan dengan membawa gen “keras” akan tetap menjadi “keras” walaupun lingkungan sosialnya lembut dan santun. Tetapi paradigma dan kebijaksanaan dalam merespon apa yang terjadi dalam hidupnya bisa halus dan berpandangan luas. Begitu juga jika gen yang dibawanya adalah kalem,tetapi jika lingkungan sosialnya selalu memandang segala sesuatu dengan apatis, putus asa, maka pribadi yang lembut itu akan memiliki paradigma dan kebijaksanaan yang cepat berputus asa.

Hik…hik… memang pikiran lagi error. aneh-aneh aja.

Tapi ya begitulah tiba-tiba yang menggugah pikiran saya. Tepat atau nggak yaaaa… bisa kedua-duanya.

Categories: Lain-Lain
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: