Home > Facebook > Kepuasan Dalam Ber-Facebook

Kepuasan Dalam Ber-Facebook


Sudah banyak pengalaman yang berhubungan dengan facebook. Entah mengapa jejaring sosial yang satu ini sungguh luar biasa. Dalam sekejap bisa mengalihkan penikmat situs-situs perkawanan yang sebelumnya terlebih dahulu hadir. katakanlah Friendster, Netlog, bahkan Tweeter pun menurut saya kalah tenar dengan facebook. Memang asyik bermain dengan facebook. Kita bisa chatting, diskusi, menuangkan ide, membuat note, dan sebagainya. Messenger-messenger semacam YM pun sudah mulai menurun drastis penggunanya. Saya sendiri mulai jarang menggunakan YM, dan ini pula yang saya perhatikan dengan teman-teman saya di YM. Mereka sudah mulai jarang online.

Justru karena sangat asyik ini, banyak orang juga yang ingin menjajal kemampuannya dalam hal hacking. Berbagai macam motivasi yang melatarbelakangi mereka untuk melakukan kegiatan hacking. mulai dari “test kemampuan”, usil hingga benar-benar jahil. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencoba mengamankan account kita dari si tangan jahil ini. (saya yakin sudah banyak artikel yang menjabarkan berbagai trik untuk keamanan account facebook). Tetapi yang paling mendasar ada beberapa hal :

  1. Jangan tampilkan alamat email yang kita gunakan untuk login di facebook pada profil kita. karena dari sinilah berbagai trik hacking bisa dimulai. Lebih baik Anda menyembunyikan email yang kita gunakan.
  2. Gunakan 2 buah alamat email dalam account facebook. Yang satu akan berfungsi primary email untuk login, dan yang satu lagi sebagai secondary email. Bilamana account kita di hack si jahil, besar kemungkinan juga alamat email kita (yang primary) akan diubahnya juga. Kita bisa menggunakan secondary email untuk melakukan recovery password.
  3. Jangan pernah menggunakan link facebook dari email yang kita terima untuk melakukan login ke facebook. Sangat dianjurkan untuk membuat bookmark atau toolbar pada browser kita, supaya kita benar-benar yakin untuk menuju ke halaman login facebook. Salah satu trik hacker adalah mengirimkan email ke korban disertai dengan link seolah-olah dari facebook. Biasanya sangat meyakinkan baik dilihat dari link maupun tampilannya. SANGAT MIRIP dengan facebook. Padahal itu bukan halaman facebook.
  4. Jika terpaksa harus membuka link tentang facebook, JANGAN SEGERA MENGISIKAN user name dan password kita. Apalagi login. Kita perhatikan dulu APAKAH HALAMAN YANG TERBUKA benar-benar beralamat di http://www.facebook.com (situs-situs phising menggunakan alamat yang mirip dengan alamat tersebut).

OK, itu beberapa trik dasar untuk mengamankan account facebook kita. Masih banyak lagi trik-trik tingkat lanjut untuk mengamankan account facebook.

Categories: Facebook
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: